Tuesday, June 28, 2016

Ramadhan Kan Berlalu - Berlalu pulakah dosa kita ?

slamat tinggal ramadhan

Sahabat sekalian, tak terasa ramadhan telah bersama kita hampir satu bulan, berbagai keutamaan dan kebaikan yang Allah turunkan pada bulan ini, kelipatan pahala dan kelipatan rahmat atas seluruh alam.

Rosulullah pernah menyabdakan kepada kita, bahwa menyambut bulan ramadahan dengan hati gembira, kemudian diikuti dengan keimanan, dan niat menggapai ridha Allah, akan dihadiahi oleh Allah pengampunan dosa dimasa lalu maupun yang akan datang.

Tapi lagi-lagi, kembali kepada diri kita, apakah kita benar-benar memanfaatkan ramadhan tahun ini dengan semaksimal mungkin, jika ia maka berbahagialah kita dengan  jaji Allah akan balasan dunia dan akhirat, namun bila mana kita tidak memaksimalkan amalan pada bulan ini, betapa meruginya kita.

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa apa yang harus disesal atau disedihkan dengan ditinggalkan oleh bulan Ramadhan, jika kita sudah semaksimal mungkin melakukan amal di bulan ini.
Namun tetap saja, seorang muslim ketika telah mencintai ramadhan dan segala suasananya, pasti akan merasakan kesedihan yang tak dapat di jelaskan, karna kata rosul juga, sungguh beruntunglah orang-orang yang diberi karunia berjumpa dengan ramadhan, siapa yang tahu umur kita akan sampai angka berapa ?, 10,20,50 tahun ?.. Allah sendiri berfirman dalam kitab sucinya, bahwa semua yang bernyawa akan mati, dan jika umur seseorang telah sampai batasnya, tak ada yang mampu memajukan atau memundurkan.

So, Jika sudah begitu, kita mau apa lagi (maksudnya tentang umur), menurutku, ungkapan diatas tidak bedasar sama sekali, karna pada kenyataanya terbantahkan begitu saja oleh berbagai fakta yang ada, terlebih dalam hal amalan Allah sendiri membolehkan hambanya untuk tamak dan serakah, dalam artian gemar tiada henti untuk berbuat baik.

Sabahat Sekalian...

Berharap dibulan ini Allah memberika ridhanya ya, semoga ibadah dan amalan yang kita perbuat diterima oleh-Nya, semoga kesedihan yang kita rasakan adalah karna cinta kita terhadap bulan ini, bukan karna kurang amalan kita.

Slamat Tinggal Bulan nan Suci, selamat tinggal bulan nan berkah, semoga Allah mempertemukan kita kembali di tahun berikutnya... 


No comments:

Post a Comment