Sunday, April 10, 2016

Gaya beru Hacker : Malvere Ransomware-Pemerasan !




Awiasih.blogspot.com, baru-baru ini bbc.com merilis berita menggemparkan mengenai aktifitas berbahaya yang dilakukan oleh black hat, black hat merupakan istilah bagi orang-orang yang melakukan kejahatan dunia maya, yang kejahatanya tersebut dilakukan dengan seni hacking, yaitu seni bermain bahasa program.

hacker menggunakan virus yang mampu memlokir akses komputer seseorang dan mengingkripsi semua data pada komputer tersebut, dan hanya bisa diakses kembali apabila siempunya komputer membayar, sesuai dengan yang telah ditentukan malware ini dikenal dengan istilah ransomeware.


Andrew Brandt, of US firm Blue Coat,menghubungi BBCstelah mendeger sirian dari BBC Radio 4's You and Yours yang sedang mendiskusikan phishing scam (jenis ethical hacking untuk mencuri data orang alin dengan cara mengirimi email yang yang telah diinfeksi malware).

Mr Brandt mendeteksi pengirim scam ransomware tersebut dnegan nama Maktub.

email ini telah diterima oleh anda dan reporter anda Shari Vahl tambah Mr.Brandt.

"kejadianya sangat cepat, dalam satu detik semua data telah diinskripsi," ungkap Mr Brandt kepada BBC.

"berikut adalah salah satu tampilan desktop, yang terkena serangan ini, mereka ingin dibayar secepatnya."



Website yang memiliki hubungan dengan maleware ini mencamtukan , pembayaran mulai dari harga 1.4 bitcoins, atau dalam kisaran angka sekitar $580. dan harga ini meningkat sampai 1.9 bitcoins, sekitar $790, setelah tiaga hari.

Email phishing, memgirimi korban email mengeni bahawa dia telah meminjam uang terhadap bisnismen inggris atau badan sosial meminta amal.

Koestler Trust adalah salah satu nama organisasi amal yang diperalat oleh blackhat tersebut

"kami hanya meneria uang dari orang yang darmawan, kami sangat terkejut mender kabar mengeni orang-orang yang menerima email dari kami yang meminta uang, padahal uang tersebut sama sekali tidak kami terima," tutur ketua eksekutif Sally Taylor .

Alamat lengkap

Salah satu perkembangan scam malware adalah sekarang pengirim virus ini tidak hanya mencantumkan nama korban tetapi lengkap dengan kode pos sikorban. 

Banyak, bahkan para staff BBC, telah mengecek akurasi dari alamat yang dicantumkan para pelaku tersebut, dan sangat mencengakan 100% akurat.

Berdasarkan ungkapan Dr Steven Murdoch, cybersecurity (perlindungan online) fakar dari University of London, belum jelas bagaimana para scamer ini bisa tahu begitu detail mengenai alamat dan nama pelakunya dan dikirimkan email.





Diperkirakan data-data tersebut mungkin dicuri atau dibocorkan, sehingga sangat sulit untuk melacak sumbernya.

Banyak yang bilang ke BBC, bahwa data yang digunakan oleh pelaku pishing ini diambil dasri akun Ebay,'s, sebab korban yang mendapat email scam ini, mendapati kode pos yang tertera pada email scam sama dengan yang tertera pada Ebay's.

Pihak Ebay's mengatakan " Ebay sangat hati dalam melindugi data pelanggan dan privasinya, yang mana hal tersebut adalah prioritas utama kami ".

"kita tidak bisa bisa mempercayai bahwa ebay memiliki keterkaitan dengan sacam email gaya berau ini".

"kami dengan tekun mengupdate proteksi data dari para kostumer kami, guna menjaga keamanan dan kenyamanan mereka." tambah pihak Ebay's.

Lembaga hukum penipuan dan cybercrime (kejahatan dunia internet), menyatakan, pihanya telah dibanjiri keluhan tentang hal ini, 

Steve Proffitt, mengatkan pihak kami dalam sehari menerima 500 panggilan kemudian meningkat sampai 600 panggilan. 

Mr.Steve menambahkan, bagi anda yang menerima email ini, harap jangan dibuka, sebaiknya langsung dihapus dari komputer anda.


No comments:

Post a Comment