Sunday, April 10, 2016

Tips makan : memilih makan yang sehat,

Tips makan : memilih makan yang sehat,

Awiasih.blogspot.com, memiliki hobi adalah sebuah keabsahan, termasuk hobi dalam hal makanan, namun jika hobi ini tidak anda jaga dengan baik, juga bisa berakibat fatal, banyak kasus mengenai bahaya yang dapat ditimbulkan bila kita tidak bisa mengatur hobi yang satu ini, misalnya terjadinya obesitas (kegemukan), Ginjal, diare, migran, alergi dan penyakit yang lainya. 

Sitilah yang mengatkan "you are what you eat", bila melihat kasus yang ada mungkin saja benar, mengenai berbagai problame kesehatan yang disebabkan oleh makanan sebenarnya bisa diklasifikasi berdasarkan penyebabnya, misalnya obistias yang disebabkan oleh makan secara berlebihan, sehingga mengakibatkan kegemukan, dan pada akhirnya kemudian melahirkan penyakit baru yaitu, asam urat, jika tidak segera ditangani, menumpuknya lemah dibagian-bagian yang seharusnya bekerja menyebabkan penyempitan, nah hal  ini kemudian menimbulkan penyakit ginjal, dan sebagainya, 




Dari sekian masalah yang ada, sebenarnya bisa diatasi dengan satu solusi saja, yaitu pola makan yang sehat, menurut yang dilangsir pada laman helpguide.org, makan yang sehat sebenarnya bukan mengenai pengekangan seperti yang dilakukan oleh mereka yang diet, atau terlalu selektif terhadap makan-makan tertentu, tetapi tepatnya pola makan itu sebenarnya bukan tentang pengekangan atau hal-hal lainya, melainkan tentang diri anda, 


"it’s about feeling great, having more energy, improving your outlook, and stabilizing your mood"
//ini tentang perasan nyaman, lebih berinergi, meningkatkan cara pandang anda, dan menetralisir perasaan anda.//

Dariush Mozaffarian, Dean of the Friedman School of Nutrition, Tufts University, mengatakan 
"Mengacu pada klaster nutisi, makan secara teratur dengan pola standar sebenarnya dalah yang terbaik, sebab ia mencakup segala hal yang dibutuhkan, seperti Nutrisi dan yang lainya."

Apa kaitan makan sehat dengan emosi ?

kita telah memaklumi, makan dengan benar dapat berpengaruh terhadap kesehatan, tidak hanya itu dengan memakan makan yang baik bagi tubuh anda juga ternyata memiliki pengaruh terhadap daya fungsi dari tubuh anda, seperti emosi, otak dan lain, lain, berikut ini saya cantumkan 10 tips cara makan yang sehat dan manfaatnya terhadap kehidupan kita .


1.Program diri anda, meraih kesuksesan.



Tips makan : memilih makan yang sehat, sukses merupakan tujuan dalam setiap hal yang kita lakukan, termasuk dalam hal capaian kesehatan, bagi anda yang menginginkan sesuatu yang ideal, sebaiknya memperhatikan berbarapa hal jika anda tidak kehilangan hobi makan nada, sukses dalam hal ini adalah anda bisa menikmati makan enak, tapi kondisi kesehatan anda terjaga. hal ini bisa anda rahih dengan cara, membuat program sendiri, misalnya membuat jadwal diet yang sesuai dengan anda, perlu diingat memulai sesuatu jangan dari yang memberatkan, mulailah membuat jadwal diet kecil, kemudian konsumsi makanan yang ada masak sendiri, hindari konsumsi makanan instan, anda bisa baca artikel bahaya makan insatan untuk memberikan warning tehadap diri anda, setelah hal ini anda lakukan anda perlu memembuat perubahan, perubahan dalam hal memilih makan misalnya.

2.Moderasi (jalan tengah) adalah kuncinya

Tips makan : memilih makan yang sehat,

Boleh-boleh saja anda diet, atau hibernasi makan, tapi yang perlu anda perhatikan adalah membuat batasan seimbang, pendapat mengenai sembang dalam hal idet tentu memiliki varian pendapat, tapi intinya adalah, kata seimbang.

3.Mengurai yang manis-manis

Tips makan : memilih makan yang sehat,

Problem utama yang menjadi masalah orang-orang diet dieropa maupun diseluruh dunia adalah lemah dalam mengkonsumsi makan yang memiliki kadar gula yang tinggi, padahal hal yang sibebkan jika berlibihan dalam mengkonsumsi gula sangat berbahaya, seperti diabetes, depresi, bahkan menambah angka bunuh diri dikalangan remaja. 


4.Makanlah tumbuhan segar seperti buah-buahan dan sayuran.

Tips makan : memilih makan yang sehat,


Dengan memilih bakanan yang segar dan kaya vitamin akan meningkatkan kebugaran anda, dari pada mengkonsumsi daging atau yang lainya.

5.Banyaklah makan yang berserat.


Tips makan : memilih makan yang sehat, Dememakan makanan yang memiliki tingkat serat yang tinggi, anda akan mendapat keuntungan yang banyak, terlebih untuk anda yang sedang diet, serat tidak menyebabkan gendut dan lainya, sebab tumbuhan berserat tidak diserap oleh tubuh, makanan bersesat jika diklaster dibagi menjadi dua yakni serat yang larut dan tidak larut, serat larut membantu pembuangan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh anda, dan serat tidak larut membuat anda serasa kecanyang terus, tanpa menimbulkan gangguan pada lambung, ada banyak buah ataupun sayuran yang bisa anda konsumi untuk ini, seperti apel, pir, dan jagung misalnya.

6.Konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan biji-bijian


Tips makan : memilih makan yang sehat,
Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh makhluk hidup.  Sel-sel tubuh tersebut menyerap glukosa dan mengambil tenaga yang tersimpan di dalam molekul tersebut pada proses respirasi seluler untuk menjalankan sel-sel tubuh. ada berbagai makanan yang mengadung zat ini, seperti kentang, adapun biji-bijian sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan anda, menurut yang dilangsir pada situs AskDrSears.com, selain itu biji-bijaian juga memiliki fungsi melancarkan peredaran darah. 


7.Konsumsi kalisum yang cukup untuk kekuatan tulang.


Tips makan : memilih makan yang sehat, kalsium merupakan zat yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan anda, memberikan manfaat pada tulang, mencegah kroposnya tulang, juga terhindar dari penyakit jantung.
Susu dikenal dengan tingkat kasiumnya yang tinggi, namun bagimana jika anda tidak suka minum susu, anda jangan cemas karna ada banyak sayuran segar dan nikmat yang bisa anda racik menjadi makanan enak namun tidak ketinggalan kalsiumnya, misalnya bayam, ikan salmon, dan lain-lain.

8.konsumsi protein dari makanan yang berkualitas

Tips makan : memilih makan yang sehat,

Protein adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan otot, protein juga mengatur hormon-hormon dalam system pencernaa, hal inilah yang menyebabkan para olahragamawan sering mengonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan protein, ada banyak pilihan makanan yang bisa anda konsumsi , seperti telur, kedelai, dan lain-lain.


9.perhatikan berat badan anda.

Tips makan : memilih makan yang sehat,

Meskipun banyak yang bilang gemuk itu ga' selamanya buruk untuk kesehatan, tapi jika anda tidak mengontrol, ada banyak bahaya menanti anda, cara terbaik setelah anda melakuan tips diatas adalah dengan menjaga diri tidak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung Omega 3, sebab jika anda terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan seperti ini akan berbahaya bagi kesehatan anda, bahan dapat menyebabkan kangker hati dan lain sebagainya.  

10.hindari konsumsi garam secara berlebihan.

Tips makan : memilih makan yang sehat,

Sodium merupakan jenis penyedap bahan makanan yang paling banyak diguanakan, padahal sodim yang dibutuhkan tubuh perharinya hanya kurang dari 1 gram, jika tubuh kita terlalu banyak mengkonsumsi sodim, ada banyak baya yang akan kita hadapi, antaranya darah tinggi dalin sebagianya.

Bagimana ?, apakah anda sekarang sudah memahai bahwa, hidup sehat dengan makan sehat ternyata tidak serumit yang orang-orang katakan. 

Selamat hidup sehat dan semoga tulisan ini bermanfaat.


Sumber : Helpguide.com | medicalnewstoday.com |bbcgoodfood.com | artikelkesehatanwanita.com |wikipedia.org/wiki/Karbohidrat | manfaatnyasehat.com| alodokter.com| Google.com

No comments:

Post a Comment